KOMUNIKASI GURU DAN SISWA TAMAN BERMAIN KANAK – KANAK PERTIWI TUNAS HARAPAN DI DESA SEWAKA KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG

AENI, NUR (2012) KOMUNIKASI GURU DAN SISWA TAMAN BERMAIN KANAK – KANAK PERTIWI TUNAS HARAPAN DI DESA SEWAKA KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NUR AENI COVER.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR AENI BAB I.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR AENI BAB II.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
NUR AENI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
NUR AENI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
NUR AENI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
NUR AENI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
NUR AENI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertiwi Tunas Harapan Didesa Sewaka Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) wujud tindak tutur guru dan siswa taman bermain kanak-kanak dalam berkomunikasi; (2) Pola interaksi antara guru dan siswa taman bermain kanak-kanak pertiwi tunas harapan. Metodologi penelitian ini mencakup jenis penelitian,data dan sumber data,metode penelitian. Data penelitian ini adalah tuturan antara guru dan siswa dalam peristiwa komunikasi percakapan. Sumber datanya adalah tuturan guru dan siswa. Penyediaan data dilakukan dengan teknik simak,teknik rekam dan teknik catat. Pada tahap analisis, data dianalisis berdasarkan komponen tuturan yang menggunakan teknik pilihan unsur penentu (PUP). Tahap penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian komunikasi antara guru dan siswa bermain kanak-kanak berdasarkan (1) wujud tindak tutur yang meliputi tindak tutur lokusi,ilokusi, dan perlokusi. Hasil analisis berdasarkan prinsip kerja sama, dan prinsip kesopanan dalam tuturan komunikasi guru dan siswa play group yang mengharapkan kecocokan antara penutur dan lawan tuturnya, maksim yang terdapat dalam prinsip kerjasama yaitu: (maksim kebijaksanaan, maksim penerimaan, maksim kemurahan, maksim kerendah hatian, maksim kecocokan, maksim kesimpatian). (2) pola interaksi tuturan guru dan siswa taman bermain Kanak-kanak meliputi beberapa pola interaksi yaitu: (guru dan siswa menggunakan bahasa Indonesia, guru dan siswa menggunakan bahasa campuran yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, guru menggunakan bahasa Indonesia siswa menggunakan bahasa Jawa, guru menggunakan bahasa Indonesia alih bahasa Jawa, guru dan siswa menggunakan bahasa Jawa, guru menggunakan bahasa Indonesia alih bahasa Jawa siswa menggunakan bahasa Jawa). Berdasarkan hasil analisis tersebut tidak semua interaksi tuturan ditemukan peristiwa komunikasi guru dan siswa taman bermain kanak-kanak cenderung berbalik dengan kenyataan yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kuntoro, M.Hum. dan Dra. Hj. Sri Utorowati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Bahasa; Peristiwa Tutur; Pragmatik; Variasi Bahasa; Tingkat Tutur
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 12 Aug 2017 05:29
Last Modified: 12 Aug 2017 05:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item View Item