PENINGKATAN MOTIVASI DAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MENELADANI KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME TOKOH MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SD NEGERI 2 ARCAWINANGUN

PRIATMOKO, HANDONO (2013) PENINGKATAN MOTIVASI DAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MENELADANI KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME TOKOH MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SD NEGERI 2 ARCAWINANGUN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HANDONO PRIATMOKO COPVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HANDONO PRIATMOKO BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HANDONO PRIATMOKO BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
HANDONO PRIATMOKO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
HANDONO PRIATMOKO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HANDONO PRIATMOKO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
HANDONO PRIATMOKO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
HANDONO PRIATMOKO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kondisi awal menyebutkan bahwa motivasi dan disiplin siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Untuk meningkatkan motivasi dan disiplin siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Arcawinangun kecamatan Purwokerto Timur, Kab.Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus atau 4 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV S D N 2 Arcawinagun yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Peningkatan motivasi siswa ditunjukkan dengan peningkatan motivasi siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata 59,97 dengan kriteria motivasi sedang. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata 70,07 dengan kriteria motivasi tinggi. Pada siklus I jumlah skor jawaban siswa pada pernyataan angket disiplin siswa sebanyak 1184 dengan kriteria sedang sedangkan pada siklus II diperoleh dari jumlah skor jawaban siswa pada pernyataan pada angket disiplin siswa sebanyak 1334 dengan kriteria tinggi dalam penerapan sikap disiplin siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan disiplin siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh di kelas IV SD 2 Arcawinagun tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo MM, M.Pd. dan Drs.H.Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: motivasi, disiplin, IPS, metode Role playing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 12 Aug 2017 03:07
Last Modified: 12 Aug 2017 03:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item