PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SISWA SMP KELAS VII

MUJAHIDAH, FITRIA AYU UMMU (2011) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SISWA SMP KELAS VII. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FITRIA AYU UMMU MUJAHIDAH COVER.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FITRIA AYU UMMU MUJAHIDAH BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FITRIA AYU UMMU MUJAHIDAH BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
FITRIA AYU UMMU MUJAHIDAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] Text
FITRIA AYU UMMU MUJAHIDAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
FITRIA AYU UMMU MUJAHIDAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
FITRIA AYU UMMU MUJAHIDAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul berbasis Model pembelajaran Learning Cycle 5E pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar siswa SMP kelas VII, (2) mengetahui kelayakan hasil pengembangan modul berbasis Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar siswa SMP kelas VII, (3) mengetahui respon guru dan siswa terhadap modul berbasis Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar siswa SMP kelas VII. Proses pengembangan modul ini menggunakan pengembangan perangkat model 4-D yang dikemukaan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (desseminate). Namun pengembangan modul ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Pada pengembangan ini telah dihasilkan modul berbasis Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar siswa SMP kelas VII. Hasil penilaian tiga guru matematika sebagai validator terhadap kelayakan modul ini dilihat dari aspek Learning Cycle 5E, materi, desain(daya tarik, format dan keterbacaan), dan konsistensi. Diperoleh skor ratarata persepsi validator adalah 4,00 menunjukkan bahwa modul valid/layak (tanpa revisi). Hasil uji coba modul yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan menggunakan angket respon guru diperoleh jumlah respon guru adalah 56 menunjukkan bahwa modul dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil respon siswa positif terhadap modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd dan Eka Setyaningsih, S.Si. M.Si
Uncontrolled Keywords: Aljabar, modul, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, model pengembangan Thiagarajan (4-D)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 12 Aug 2017 02:52
Last Modified: 12 Aug 2017 02:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3282

Actions (login required)

View Item View Item