PENGEMBANGAN MODUL SEGI EMPAT UNTUK SISWA SMP KELAS VII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

SULISTIYOWATI, ETY (2011) PENGEMBANGAN MODUL SEGI EMPAT UNTUK SISWA SMP KELAS VII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ETY SULISTIYOWATI COVER.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ETY SULISTIYOWATI BAB I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ETY SULISTIYOWATI BAB II.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
ETY SULISTIYOWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
ETY SULISTIYOWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
ETY SULISTIYOWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
ETY SULISTIYOWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
ETY SULISTIYOWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis model Mind Mapping pokok bahasan segi empat, (2) mengetahui kelayakan dari modul pembelajaran matematika berbasis model Mind Mapping pokok bahasan segi empat dan (3) mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap modul pembelajaran matematika berbasis model Mind Mapping pokok bahasan segi empat. Modul diuji cobakan kepada siswa kelas VII MTs Ma’arif Sikampuh yang berjumlah 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model 4-D dari Thiagarajan yang meliputi 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Dessiminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop karena penelitian ini tidak bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan modul terhadap pembelajaran. Hasil penilaian tiga validator guru matematika terhadap kelayakan modul adalah 3,97 ini berarti bahwa modul sudah valid dan dapat diuji cobakan. Berdasarkan hasil responden diperoleh respon guru dengan jumlah nilai 50 yang berarti bahwa modul berbasis Mind Mapping membantu guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil respon siswa menyatakan bahwa respon siswa positif terhadap modul segi empat berbasis Mind Mapping, dikarenakan setiap indikator memberikan pengaruh positif terhadap siswa dalam proses belajar. Dengan demikian, modul ini mendapat respon yang baik dari siswa dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd dan Eka Setyaningsih M.Si
Uncontrolled Keywords: Model 4-D, Modul, Model Pembelajaran Mind Mapping, Segi Empat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 12 Aug 2017 02:48
Last Modified: 12 Aug 2017 02:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3281

Actions (login required)

View Item View Item