UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBANTU MEDIA GAMBAR DI KELAS VB MI MUHAMMADIYAH KRAMAT

KARTIKA,, NILA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBANTU MEDIA GAMBAR DI KELAS VB MI MUHAMMADIYAH KRAMAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur air di kelas VB MI Muhammadiyah Kramat. Rendahnya kedisiplinan ditandai dengan banyaknya siswa yang belum tertib ketika proses pembelajaran, berbicara sendiri ketika guru sedang menjelaskan materi, belum berpakaian rapih sesuai aturan. Sedangkan rendahnya prestasi belajar siswa ditandai dengan masih banyaknya siswa yang belum tuntas belajar yaitu dari 16 siswa hanya 5 siswa atau 31,25% yang tuntas belajar, dan sisanya 11 siswa atau 68,75% siswa belum tuntas belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa melalui metode eksperimen berbantu media gambar. S ubjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas VB dan dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kedisiplinan siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 3,1 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan diperoleh rata-rata 3,34 dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini juga meningkatkan prestasi belajar IPA materi daur air yang ditunjukkan pada siklus I diperoleh rata-rata 66,99 mencapai ketuntasan belajar 40% dengan kriteria kurang dan meningkat pada siklus II dengan diperoleh rata-rata 82,1 mencapai ketuntasan 86,66% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen berbantu media gambar dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar IPA materi daur air di kelas VB MI Muhammadiyah Kramat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswata Eka, M.Si dan Sri Muryaningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Prestasi Belajar, IPA, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:24
Last Modified: 11 Aug 2017 03:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item