PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE ( TPS ) SISWA KELAS VII B SMP N 1 SOKARAJA

FATMAWATI, ROSITA (2012) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE ( TPS ) SISWA KELAS VII B SMP N 1 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ROSITA FATMAWATI COVER.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROSITA FATMAWATI BAB I.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROSITA FATMAWATI BAB II.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
ROSITA FATMAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
ROSITA FATMAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ROSITA FATMAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
ROSITA FATMAWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran pada pokok bahasan segitiga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 1 Sokaraja, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan aktivitas guru. Tes evaluasi digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa, dan angket minat digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh persentase minat belajar siswa sebesar 62,93% dengan kriteria tinggi dan ketuntasan belajar siswa sebesar 46,88% dengan nilai rata-rata 64,22. Pada siklus II diperoleh persentase minat belajar siswa sebesar 71,18% dengan kriteria tinggi dan ketuntasan belajar siswa sebesar 65,63% dengan nilai rata-rata 75,83. Pada siklus III diperoleh persentase minat belajar siswa sebesar 81,03% dengan kriteria sangat tinggi dan ketuntasan belajar siswa sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 82,81. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa..

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Minat, prestasi belajar matematika dan think pair share (TPS),
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:20
Last Modified: 11 Aug 2017 03:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3276

Actions (login required)

View Item View Item