PENINGKATAN KEMAMPUAN MENAFSIRKAN OBYEK IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 SOKARAJA

PAMUJI,, ENDAH TRI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENAFSIRKAN OBYEK IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Peningkatan Kemampuan Menafsirkan Obyek IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Sokaraja dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menafsirkan obyek IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Sokaraja dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 18 siswa putri. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tindakan dasar, yaitu: 1) planning (perencanaan), 2) acting (pelaksanaan), 3) observing (pengawasan), 4) evaluation and reflection (evaluasi dan refleksi). Hasil penelitian ini berupa peningkatan kemampuan siswa dalam menafsirkan obyek IPA dan peningkatan hasil belajar (pos-test). Peningkatan kemampuan menafsirkan siswa meliputi peningkatan 6 aspek yaitu kemampuan mengobservasi pada siklus I, II, dan III secara urut 23,5%, 47,1%, 79,4%, kemampuan mengidentifikasi secara urut 11,8%, 35,3%, 70,6%, kemampuan mendeskripsikan secara urut 11,8%, 41,2%, 76,5%, kemampuan mengaitkan konsep secara urut 11,8%, 38,2%, 73,5%, kemampuan memaknai obyek secara urut 14,7%, 38,2%, 70,6%, dan kemampuan menyimpulkan secara urut 23,5%, 50%, 76,5%. Peningkatan tersebut memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang meliputi peningkatan rata-rata nilai pos-test pada siklus I, II, III secara urut 74,93, 80,79 dan 89,06 dan ketuntasan kelas secara urut 73,53%, 85,29%, dan 88,24%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menafsirkan obyek IPA pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Sokaraja

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto,S.Pd, M.Si. dan drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: kemampuan, menafsirkan obyek IPA, model pembelajaran, Inkuiri, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 11 Aug 2017 00:57
Last Modified: 11 Aug 2017 00:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3265

Actions (login required)

View Item View Item