PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN JUAL BELI DENGAN MENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS 3 SD NEGERI KARANGKEMIRI

ASTUTI,, APRILIAMININGRUM WAHYU (2017) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN JUAL BELI DENGAN MENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS 3 SD NEGERI KARANGKEMIRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (930kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Percaya diri siswa yang rendah dikarenakan aktivitas pembelajaran yang dilakukan bersifat teacher center sehingga siswa tidak ikut terlibat aktif dalam pembelajaran. Percaya diri siswa yang rendah berpengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya percaya diri dan prestasi belajar siswa adalah kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Karangkemiri yang berjumlah 23 siswa dengan komposisi 10 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan percaya diri siswa dan prestasi belajar IPS. Hasil percaya diri siswa pada siklus I mecapai skor 974 dengan kriteria cukup baik. Hasil prestasi belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 63,62 dengan ketuntasan 52,17%. Perolehan percaya diri dan prestasi belajar pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Peningkatan percaya diri pada siklus II menjadi 1334 dengan kriteria baik. Peningkatan juga terjadi pada prestasi belajar. Pada siklus II perolehan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 75,36 dengan ketuntasan 86,98%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar IPS di kelas III SD Negeri Karangkemiri

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, Prestasi Belajar IPS, Teams Games Tournament
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 11 Aug 2017 00:38
Last Modified: 11 Aug 2017 00:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item View Item