PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS IV SD NEGERI 2 PURWOJATI

JUHARIYANI, RIA (2011) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS IV SD NEGERI 2 PURWOJATI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RIA JUHARIYANI_PGSD'11.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RIA JUHARIYANI_PGSD'11.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RIA JUHARIYANI_PGSD'11.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RIA JUHARIYANI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB IV_RIA JUHARIYANI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB V_RIA JUHARIYANI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RIA JUHARIYANI_PGSD'11.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_RIA JUHARIYANI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS pada materi sumber daya alam melalui pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwojati dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan (3×35menit). Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi baik guru maupun siswa, sedangkan untuk memperoleh data kreativitas siswa dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kreativitas siswa. Hasil observasi kreativitas siswa pada siklus I respon rata-rata 33,6% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata 60,58% dengan kategori sangat baik. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71 dengan ketuntasan belajar 72% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79 dengan ketuntasan belajar 89%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran model pembelajaran PBI dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwojati.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM.,M.Pd., dan Muhammad Afandi,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, prestasi belajar, IPS, dan pembelajaran PBI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 09 Aug 2017 01:45
Last Modified: 09 Aug 2017 01:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item