PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA/KELURAHAN MELALUI VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DI KELAS IV SD NEGERI BANTAR 05

WAHYOGI, ADJO (2011) PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA/KELURAHAN MELALUI VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DI KELAS IV SD NEGERI BANTAR 05. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ADJO WAHYOGI COVER.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADJO WAHYOGI BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADJO WAHYOGI BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
ADJO WAHYOGI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
ADJO WAHYOGI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
ADJO WAHYOGI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img]
Preview
Text
ADJO WAHYUDI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar PKn siswa materi Sistem Pemerintahan Desa/Kelurahan Melalui Metode Value Clarification Technique (VCT). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Bantar 05. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu (1) Penggunaan metode Value Clarification Technique pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan pemahaman siswa. Dibuktikan dengan rata-rata nilai 77,5 pada siklus I dan pada siklus II mengalami kenaikan rata-rata nilai menjadi 93,6, (2) Penggunaan metode Value Clarification Technique pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ditunjukan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar 82,14%, dan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar 100%, (3) Penggunaan metode Value Clarification Technique pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Terlihat pada peningkatan persentase rata-rata motivasi belajar siswa yaitu dari 68,3% pada siklus I menjadi 92,86% pada siklus II. Disimpulkan bahwa Value Clarification Technique dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Bantar 05.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Tukiran Tanireja, MM., dan Muhammad Afandi, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Motivasi, PKn, Value Clarification Technique (VCT)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 09 Aug 2017 01:17
Last Modified: 09 Aug 2017 01:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3219

Actions (login required)

View Item View Item