UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BAMBOO DANCING PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH MADURESO KABUPATEN KEBUMEN

AISAH, LAILA NUR (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BAMBOO DANCING PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH MADURESO KABUPATEN KEBUMEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Laila Nur Aisah.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Laila Nur Aisah.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Laila Nur Aisah.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Laila Nur Aisah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
Bab IV_Laila Nur Aisah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V_Laila Nur Aisah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Laila Nur Aisah.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
Lampiran_Laila Nur Aisah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model bamboo dancing pada mata pelajaran IPS di kelas V. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas V Bukhari MI Muhammadiyah Madureso yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 8 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Pengambilan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwamodel bamboo dancing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu dari 17 siswa yang tuntas pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas, atau terjadi peningkatan sebanyak 3 siswa, atau mengalami peningkatan dari 70,83% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II, atau terjadi peningkatan sebesar 12,5% dari siklus I ke siklus II. Indikator keberhasilan prestasi belajar siswa yaitu 80%. Penggunaan model bamboo dancing dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V MI Muhammadiyah Madureso.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pemebimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, IPS dan Model Bamboo Dancing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:11
Last Modified: 08 Aug 2017 04:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item