PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII C MTS AS SALAM SALEM MELALUI PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION)

ERNAWATI, . (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII C MTS AS SALAM SALEM MELALUI PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Ernawati.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Ernawati.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Ernawati.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Ernawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
Bab IV_Ernawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V_Ernawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Ernawati.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
Lampiran_Ernawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII C MTs As Salam Salem melalui pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs As Salam Salem yang berjumlah 39 siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua digunakan untuk proses pembelajaran, sedangkan pertemuan ketiga digunakan untuk evaluasi. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa menggunakan lembar angket motivasi belajar sedangkan untuk memperoleh data pemahaman konsep menggunakan tes pemahaman konsep. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata motivasi belajar 135,67 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 144,04 dengan kriteria baik dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 156,35 dengan kriteria sangat baik. Hasil tes pemahaman konsep siklus I diperoleh skor rata-rata 3,51 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,78 dengan kriteria baik, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 4,21 dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII C MTs As Salam Salem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:39
Last Modified: 08 Aug 2017 03:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item View Item