PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA PADA ERA GLOBALISASI DI SMP MUHAMMADIYAH TERPADU MOGA

RIYANTO, ARIS (2016) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA PADA ERA GLOBALISASI DI SMP MUHAMMADIYAH TERPADU MOGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ARIS RIYANTO_PKn'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ARIS RIYANTO_PKn'16.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ARIS RIYANTO_PKn'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_ARIS RIYANTO_PKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
BAB IV_ARIS RIYANTO_PKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] Text
BAB V_ARIS RIYANTO_PKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ARIS RIYANTO_PKn'16.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ARIS RIYANTO_PKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk moral siswa di era globalisasi dan secara khusus peneliti kemudian merinci menjadi tiga sub tujuan yaitu untuk mengetahui kemasan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk moral siswa di era globalisasi, mengetahui kendala yang dihadapi pembelajaran PKn dalam membentuk moral siswa di era globalisasi, dan mengetahui upaya untuk mengatasi kendala pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam rangka membentuk moral siswa di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa, guru PKn, dan Kepala SMP Muhammadiyah Terpadu Moga. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Terpadu Moga. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Langkah analisis data yang pertama adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan umum peran pembelajaran PKn dalam membentuk moral siswa di era globalisasi sudah baik. Ini terbukti karena didalamnya terdapat muatan pelajaran moral dan budi pekerti. Selain itu juga dengan penggunaan sumber belajar, metode dan media pembelajaran yang bervariatif, serta sarana dan prasarana yang mendukung di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Banani Ma’mur, M.Si, dan Eko Priyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Moral, Globalisasi
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Jan 2017 02:05
Last Modified: 07 Jan 2017 02:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item