IMPLEMENTASI PEMBINAAN IBADAH BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015-2016

HALAWATI, SHARAYA SHABRINA (2016) IMPLEMENTASI PEMBINAAN IBADAH BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015-2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SHARAYA SHABRINA H_PAI'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SHARAYA SHABRINA H_PAI'16.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SHARAYA SHABRINA H_PAI'16.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SHARAYA SHABRINA H_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV_SHARAYA SHABRINA H_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB V_SHARAYA SHABRINA H_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SHARAYA SHABRINA H_PAI'16.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SHARAYA SHABRINA H_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembinaanibadah yang digunakan guru agama dalammembinasiswa SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah deksriptif Kualitatif dan Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 orang sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembinaan Ibadah yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto adalah berupa Keteladanan, Penugasan, Punishment (Pemberian Sanksi), dan Pemberian Motivasi. Dan penelitian dilapangan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto gemar dalam melakukan Ibadah. Hal ini dapat dilihat ketika masuk waktu shalat, siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto berbondong-bondong menuju ke masjid. Ditambah lagi dengan tersedianya fasilitas penunjang yang disediakan sekolah berupa mukena disetiap kelas semakin menambah antusias siswa untuk beribadah. Kendala yang dihadapi dalam melakukan pembinaan Ibadah ini ada yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. Seperti kurangnya pengurus yang secara khusus mengurusi pembinaan Ibadah pada siswa, kurangnya komunikasi antara orangtua dan sekolah, kurangnya perhatian orangtua terhadap kegiatan beribadah anaknya, dan pengaruh media elektronik. Solusinya adalah dengan menggerakkan guru-guru untuk secara berkala membantu guru Agama dalam mengawasi aktivitas ibadah siswa-siswanya. Dan untuk memperbaiki komunikasi antara orangtua dengan sekolah maka sekolah mengadakan pertemuan rutin.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ibnu Hasan S.Ag, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Ibadah, Pembinaan Ibadah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Aug 2017 03:12
Last Modified: 07 Aug 2017 03:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item