UPAYA MENINGKATAKAN PEMAHAMAN PENGURANGAN MELALUI LAGU MATEMATIKA DENGAN ALAT PERAGA KARTU GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI HANDAYANI KARANGANYAR KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALLINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012

ERNAWATI, DIYAH (2012) UPAYA MENINGKATAKAN PEMAHAMAN PENGURANGAN MELALUI LAGU MATEMATIKA DENGAN ALAT PERAGA KARTU GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI HANDAYANI KARANGANYAR KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALLINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DIYAH ERNAWATI_PAUD'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DIYAH ERNAWATI_PAUD'12.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DIYAH ERNAWATI_PAUD'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_DIYAH ERNAWATI_PAUD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_DIYAH ERNAWATI_PAUD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DIYAH ERNAWATI_PAUD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DIYAH ERNAWATI_PAUD'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DIYAH ERNAWATI_PAUD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman pengurangan pada anak kelompok B TK Pertiwi Handayani Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di TK Pertiwi Handayani Karanganyar yang berjumlah 23 anak mulai akhir bulan ini sampai dengan awal Juni 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pengumpulan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Peneliti berkolaboratif dengan guru lain sebagai observer, dalam kegiatan penelitian baik perencanaan, pelaksanaan, pengamatan maupun refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan kemampuan awal anak terhadap pengurangan terdapat 5 anak atau 21% yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 7 anak atau 30% Mulai Berkembang (MB), dan 11 anak atau 47% Belum Berkembang (BB). Setelah dilakukan siklus I dengan menerapkan lagu matematika dengan alat peraga kartu gambar mengalami peningkatan yaitu 5 anak atau 21% yang Berkembang Sangat Baik (BSB), 5 anak atau 21% yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 10 anak atau 43% Mulai Berkembang (MB) dan 3 anak atau 13% Belum Berkembang (BB). Pada siklus II terdapat 11 anak atau 47% yang Berkembang Sangat Baik (BSB), 8 anak atau 34% yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 anak atau 8,6% Mulai Berkembang (MB) dan 2 anak atau 8,6% Belum Berkembang (BB). Dari hasil tindakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan lagu matematika dengan alat peraga kartu gambar dapat meningkatkan pemahaman pengurangan pada anak kelompok B TK Pertiwi Handayani Karanganyar Kecamatan Karanganyar. Atas dasar penelitian disarankan agar guru dapat memilih media yang kreatif agar proses pembelajaran berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pambudi Rahardjo, S.Psi.,M.Si., dan Labib Sajawandi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman pengurangan, lagu matematika, kartu gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Aug 2017 01:42
Last Modified: 07 Aug 2017 01:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3170

Actions (login required)

View Item View Item