PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) KELAS VII D SMP NEGERI 2 KEMBARAN

KURNIAWAN, AAN (2011) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) KELAS VII D SMP NEGERI 2 KEMBARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AAN KURNIAWAN_PPKN'11.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AAN KURNIAWAN_PPKN'11.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AAN KURNIAWAN_PPKN'11.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AAN KURNIAWAN_PPKN'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV_AAN KURNIAWAN_PPKN'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB V_AAN KURNIAWAN_PPKN'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AAN KURNIAWAN_PPKN'11.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AAN KURNIAWAN_PPKN'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada pokok bahasan kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yaitu 1 pertemuan alokasi waktu 2 jam pelajaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kembaran dengan jumlah siswa 33. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tidakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk mengukur peningkatan kreativitas siswa menggunakan rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kreativitas siswa pada siklus I sebesar 2,83 kriteria baik, untuk siklus II sebesar 3,14 dengan kriteria sangat baik. Untuk aktivitas siswa dilihat melalui lembar observasi diperoleh siklus I sebesar 44,44% dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II sebesar 61,11% dengan kriteria baik, sehingga mengalami peningkatan sebesar 16,67%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kembaran tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Banani Ma’mur, M.Si., dan Asep Daud Kosasih, S.Pd., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pendidikan Kewarganegaraan, Think Talk Write (TTW)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Aug 2017 01:11
Last Modified: 07 Aug 2017 01:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item