PENGARUH PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

ANANI, MESTI (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_MESTI ANANI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_MESTI ANANI_PGSD'16.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_MESTI ANANI_PGSD'16.pdf

Download (860kB) | Preview
[img] Text
BAB III_MESTI ANANI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
BAB IV_MESTI ANANI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB V_MESTI ANANI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_MESTI ANANI_PGSD'16.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_MESTI ANANI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran kuantum akan membuat siswa ikut aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sehingga suasana pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar hendaknya membuka percaya diri siswa secara alamiah. Hal ini akan membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan bertanya dan menyampaikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) pengaruh pengaruh pembelajaran kuantum terhadap percaya diri siswa pada mata pelajaran matematika; 2) pengaruh pembelajaran kuantum terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Tiparkidul, sedangkan sampelnya adalah siswa dari kelas IV A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol dan IV B yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket dan test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus independent sample t-tes (uji t pihak kanan). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 5,477 > 1,676 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kuantum terhadap percaya diri siswa pada mata pelajaran matematika. (2) Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai nilai zhitung > ztabel atau 2,219 > 1,96 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran kuantum terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kuantum berpengaruh terhadap percaya diri dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Yudha Febrianta, M.Or.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kuantum, Matematika, Percaya Diri dan Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Jan 2017 00:30
Last Modified: 06 Jan 2017 00:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item