PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD N 1 TIPARKIDUL

PAMUNGKAS, FEBRIKA MARSILIA (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD N 1 TIPARKIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Febrika Marsilia Pamungkas_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Febrika Marsilia Pamungkas_BAB I.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Febrika Marsilia Pamungkas_BAB II.pdf

Download (866kB) | Preview
[img] Text
Febrika Marsilia Pamungkas_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text
Febrika Marsilia Pamungkas_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Febrika Marsilia Pamungkas_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
Febrika Marsilia Pamungkas_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
Febrika Marsilia Pamungkas_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di kelas V SD Negeri 1 Tiparkidul menunjukan masih rendahnya sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa di kelas tersebut. Siswa belum mampu menunjukan sikap percaya dirinya di depan kelas pada saat pelajaran berlangsung. Prestasi belajar siswa masih rendah dilihat dari hasil ulangan tengah semester (UTS). Permasalahan tersebut harus segera diatasi berkaitan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tiparkidul yang berjumlah 38 siswa. Yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data sikap percaya diri siswa diperoleh pada angket yang diberikan pada setiap akhir siklus, dan prestasi belajar siswa diperoleh diperoleh dari tes evaluasi pada akhir siklus. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh nilai rata-rata angket sikap percaya diri pada siklus I sebesar 2,80 meningkat pada siklus II sebesar 3,17. Prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 69,79 dengan ketuntasan 60,53% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan 84,21% Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Sikap Percaya Diri, Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 05 Aug 2017 02:39
Last Modified: 05 Aug 2017 02:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item View Item