PENGARUH PENDEKATAN STM (SAINT TEKNOLOGI MASYARAKAT) TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS IV MI GUPPI TALAGENING

SOBARIYAH,, SITI (2016) PENGARUH PENDEKATAN STM (SAINT TEKNOLOGI MASYARAKAT) TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS IV MI GUPPI TALAGENING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Saint Teknologi Masyarakat (STM) terhadap tanggung jawab dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian menggunakan Randomized Subject Posttest Only Control Grup Desain . Penelitian dilaksanakan di kelas IV MI GUPPI Talagening dengan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Simple Random Sampling . Teknik pengumpulan data untuk tanggung jawab siswa menggunakan penilaian angket dan prestasi belajar IPA menggunakan tes evaluasi. Data dihitung dengan menggunakan uji homogenitas dan uji u. Hasil penelitian pada tanggung jawab menunjukkan atau 65,5 < 73 ; sehingga H o ditolak dan H a diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan STM berpengaruh terhadap tanggung jawab siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil pada prestasi belajar menunjukkan atau 41,5 < 73; sehingga H o tolak dan H a diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan STM berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Sony Irianto, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Tangung Jawab, Prestasi Belajar, IPA, dan STM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Aug 2017 03:48
Last Modified: 04 Aug 2017 03:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3119

Actions (login required)

View Item View Item