PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA UNSUR-UNSUR TEKS EKSPOSISI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP DARUL ULUM TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2015/2016

HARTINJUNG,, MURNING (2016) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA UNSUR-UNSUR TEKS EKSPOSISI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP DARUL ULUM TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berjudul Penerapan Metode Index Card Match untuk meningkatkan kemampuan membaca unsur-unsur teks eksposisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Darul Ulum Tonjong Kabupaten Brebes tahun ajaran 2015/2016, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca unsur-unsur teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Darul Ulum Tonjong Kabupaten Brebes dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca dalam belajar Bahasa Indonesia yang terkait dengan materi memahami teks eksposisi siswa kelas VI I SMP Darul Ulum Tonjong Kabupaten Brebes tahun ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan melalui model pembelajaran Index card match. Pengumpulan data melalui teknik tes dan non tes. Tes diperoleh dari hasil tes setiap siklus, sedangkan non tes diperoleh dari hasil observasi siswa dan guru. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus I nilai rata-rata sebesar 76, 8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68,8%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 81 ,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87, 5%. Peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 4 ,7 dengan peningkatan presentase ketuntasan klasikal sebesar 18, 8%. Peningkatan kemampuan membaca unsur-unsur teks eksposisi sejalan dengan peningkatan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M. Pd. dan Dra. Siti Fathonah, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, unsur-unsur teks eksposisi, Bahasa Indonesia, Index Card Match.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Aug 2017 02:25
Last Modified: 04 Aug 2017 02:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item View Item