UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN SAVI DI SMP ISLAM TA’ALUMUL HUDA BUMIAYU

DIANATI, FAHRANA (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN SAVI DI SMP ISLAM TA’ALUMUL HUDA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_FAHRANA DIANATI_SEJARAH'12.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_FAHRANA DIANATI_SEJARAH'12.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_FAHRANA DIANATI_SEJARAH'12.pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text
BAB III_FAHRANA DIANATI_SEJARAH'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
BAB IV_FAHRANA DIANATI_SEJARAH'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_FAHRANA DIANATI_SEJARAH'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_FAHRANA DIANATI_SEJARAH'12.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_FAHRANA DIANATI_SEJARAH'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi membaca buku dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Ta’alumul Huda Bumiayu pada kompetensi dasar mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya dan mendiskripsikan perkembangan masyarakat, kebuadayaan, dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa dengan menggunakan pendekatan SAVI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Islam Ta’alumul Huda Bumiayu yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus, dan setiap siklus dilaksanakan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan metode tes yaitu untuk mengukur aspek kognitif, dan metode non tes (observasi) yaitu untuk mengukur aspek afektif dan aspek psikomotor. Untuk mengetahui motivasi membaca dan respon siswa terhadap pembelajaran SAVI setiap akhir siklus digunakan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor angket siklus I 76,40% dengan kriteria siswa baik pada siklus II rata-rata 86,35% dengan kriteria baik sekali. Hasil belajar siswa aspek kognitif siklus I siswa tuntas belajar sebanyak siswa 13 atau 34,21% dan siklus II siswa tuntas belajar sebanyak 32 siswa atau 84,21%. Hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I adalah 63,02% dan pada siklus II adalah 88,02%. Hasil belajar aspek psikomotor pada kegiatan unjuk kerja siklus I adalah 60,44% dan pada siklus II 85,44%. Data tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan motivasi membaca dan hasil belajar kelas VII A Smp Islam Ta’alumul Huda Bumiayu, kecamatan Bumiayu, kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Kartono, M.Si., dan Dr. Sugeng Priyadi, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Motivasi membaca, hasil belajar, pendekatan SAVI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:02
Last Modified: 04 Aug 2017 01:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3107

Actions (login required)

View Item View Item