UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SDN I TIPARKIDUL

LESTIANI, AGUSTINA (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SDN I TIPARKIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AGUSTINA LESTIANI_PGSD'16.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AGUSTINA LESTIANI_PGSD'16.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AGUSTINA LESTIANI_PGSD'16.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AGUSTINA LESTIANI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
BAB IV_AGUSTINA LESTIANI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
BAB V_AGUSTINA LESTIANI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AGUSTINA LESTIANI_PGSD'16.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AGUSTINA LESTIANI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini di latar belakangi rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 1 Tiparkidul Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Rendahnya motivasi siswa ditandai dengan rendahnya peran aktif siswa pada saat pembelajaran, sedangkan rendahnya prestasi siswa ditandai dengan rata-rata nilai siswa yang masih dibawah KKM. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Obyek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 1 Tiparkidul yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 25 siswa putri. Instrumen yang digunakan dalam dalam pengumpulan data menggunakan tes/ evaluasi, lembar observasi untuk aktivitas guru, aktivitas siswa dan lembar angket motivasi yang diberikan setiap akhir siklus serta dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan motivasi belajar dengan kriteria baik dan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukan metode demontrasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya motivasi diperoleh nilai rata-rata 3,86 dengan kriteria motivasi siswa baik pada siklus I dan meningkat menjadi 4,17 dengan kriteria motivasi siswa baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penilaian prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 71,05 dengan ketuntasan belajar 65% pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 75,26 dengan ketuntasan 81,57%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, Metode Demonstrasi, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 05 Jan 2017 06:27
Last Modified: 05 Jan 2017 06:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item