PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK KARYA TEKNOLOGI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ZULKARNAIN, . (2016) PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK KARYA TEKNOLOGI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Zulkarnain_JUDUL.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zulkarnain_BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zulkarnain_BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text
Zulkarnain_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
Zulkarnain_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
Zulkarnain_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
Zulkarnain_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
Zulkarnain_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas XI TKR I SMK karya Teknologi 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dimana subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR I SMK Karya Teknologi 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas yang berjumlah 45 siswa. Namun kenyataan dilapangan siswa yang hadir hanya berjumlah 28 anak saja. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu berupa angket (kuisioner), dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus “r” product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian “r” product moment rxy sebesar 0,320. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan “r” tabel 5% sebesar 0,374 sedangkan pada taraf signifikan 1% menyatakan bahwa “r” tabel sebesar 0,478. Dengan demikian maka rxy < dari “r” tabel pada taraf signifikan 5% dan rxy < dar “r” tabel pada taraf signifikan 1% atau dengan kata lain 0,320 < 0,374 dan 0,320 < 0,478. Dari hasil tersebut bisa dikatakan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil tersebut selanjutnya diinterpretasikan terhadap rxy sebesar 0,320 pada rentang nilai antara 0,20-0,40 yang berarti bahwa terdapat korelasi antara X dan Y namun lemah dan rendah. Ini berarti minat belajar siswa dan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam terdapat pengaruh namun termasuk dalam kategori yang rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Makhful, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:38
Last Modified: 03 Aug 2017 04:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3099

Actions (login required)

View Item View Item