PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 2 PURBALINGGA

YULIANTO, . (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 2 PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Yulianto_Matematika'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Yulianto_Matematika'16.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Yulianto_Matematika'16.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Yulianto_Matematika'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB IV_Yulianto_Matematika'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Yulianto_Matematika'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Yulianto_Matematika'16.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Yulianto_Matematika'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran Discovery learning dengan strategi SFAE(Student Facilitator And Explaining) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Purbalingga yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengukur kemampuan Komunikasi matematika siswa dilakukan evaluasi dengan menggunakan tes kemampuan Komunikasi. Hasil penelitian yang didapat dari hasil tes komunikasi siklus I diperoleh nilai rata – rata 67.256, siklus II diperoleh rata-rata 71.633, dan pada siklus III diperoleh rata-rata 79,167. Berdasarkan data yang diperoleh maka disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery learning dengan strategi SFAE(Student Facilitator And Explaining) dapat meningkatkan kemampuan Komunikasi matematika siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Purbalingga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd., dan Lukmanul Akhsani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Discovery learning, Matematika, strategi SFAE(Student Facilitator And Explaining)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2017 13:56
Last Modified: 04 Jan 2017 13:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item