DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RAKIT (Ditinjau dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus)

SUPRIYATI, . (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RAKIT (Ditinjau dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SUPRIYATI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SUPRIYATI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SUPRIYATI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SUPRIYATI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV_SUPRIYATI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V_SUPRIYATI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SUPRIYATI_MATEMATIKA'16.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SUPRIYATI_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 2 Rakit ditinjau dari tipe kepribadian tipologi Hippocrates-Galenus. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskripsi Kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dimana penelitian ini mengambil dua subjek pada masing-masing kelompok berdasarkan tipe kepribadian yang dimiliki. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan pedoman wawancara. Uji validasi yang digunakan adalah uji triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa dengan tipe kepribadian sanguinis dengan salah satu sifat yang dimiliki yaitu berantakan dan bersemangat, memiliki kemampuan pemahaman konsep yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan siswa menguasai indikator menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, dan menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis.(2) Siswa dengan tipe kepribadian koleris, dan siswa dengan tipe kepribadian plagmatis dengan salah satu sifanya yang konsisten memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan siswa tidak menguasai satu indikator yaitu indikator memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep. (3) Siswa dengan tipe kepribadian melankolis dengan salah satu sifat analitis dan terperinci, memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan siswa tidak menguasai dua indikator yaitu indikator memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, dan indikator menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S. Si.,M. Si
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman konsep matematis, tipe kepribadian
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Jan 2017 13:31
Last Modified: 04 Jan 2017 13:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item