PENGARUH KEBERADAAN APOTEKER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS KABUPATEN BREBES

MILHAWATI, LUTHFIA (2016) PENGARUH KEBERADAAN APOTEKER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Luthfia Milhawati_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Luthfia Milhawati_BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Luthfia Milhawati_BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
Luthfia Milhawati_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
Luthfia Milhawati_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
Luthfia Milhawati_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
Luthfia Milhawati_DAFTAR PUSTAKAI.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
Luthfia Milhawati_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Puskesmas merupakan organisasi jasa pelayanan umum yang memiliki peran strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Namun, banyak masyarakat mengeluh dan merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas. Baik dari segi pemeriksaan yang kurang diperhatikan oleh petugas kesehatan ataupun dalam pelayanannya. Pelayanan informasi obat sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien karena dengan adanya informasi obat, pasien akan merasa senang terhadap hasil yang disampaikan oleh apoteker dan sesuai dengan harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dan melihat pengaruh keberadaan apoteker terhadap pelayanan informasi obat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional yaitu penelitian secara langsung ke responden, yang bersifat analitik yaitu penelitian yang menggabungkan dua variabel dengan rancangan penelitian cross sectional. Tingkat kepuasan pasien pada puskesmas yang ada apoteker lebih tinggi dibanding puskesmas tanpa apoteker. Hasil dari analisis bivariat menggunakan chi square bahwa keberadaan apoteker mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien atas pelayanan informasi obat dengan ditunjukan nilai P value 0,038 < 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Anjar Mahardian Kusuma, M.Sc., Apt.
Uncontrolled Keywords: Puskesmas, Apoteker, Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi Obat
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Aug 2017 01:20
Last Modified: 03 Aug 2017 01:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item