UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BENDERA BACA PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI WIDODO LIMBANGAN WATUMALANG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014

ANIK HENDRAWATI, (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BENDERA BACA PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI WIDODO LIMBANGAN WATUMALANG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
ANIK - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANIK - BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
ANIK - BAB II.pdf

Download (621kB)
[img] Text
ANIK - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
ANIK - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ANIK - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text
ANIK - lLAMPIRANM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dalam Membaca Permulaan Melalui Permainan Bendera Baca Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Widodo Limbangan Watumalang Wonosobo Tahun Ajaran 2013/2014”. Penelitian ini bertujuan ingin meningkatkan bahasa anak, dengan jumlah siswa 20 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena kurangnya kemampuan bahasa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode obsevasi dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisis data menggunakan tehnik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada kemampuan bahasa anak yang semakin meningkat dari kondisi awal. Pada kondisi awal, anak didik yang sudah berhasil mencapai indikator yang ditetapkan (BSB) hanya ada 1 anak atau 5%, sedangkan 5 anak atau 25% berkembang sesuai harapan (BSH), 8 anak atau 40% mulai berkembang (MB) dan 6 anak atau 30% belum berkembang (BB) yang masih membutuhkan bimbingan. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas pada siklus I, keberhasilan anak (BSB) semakin meningkat yaitu sebanyak 3 anak atau 15%, sedangkan 7 anak atau 35% sudah mencapai indikator keberhasilan (BSH), 8 anak atau 40% mulai berkembang (MB) dan anak yang mencapai indikator (BB) 2 anak atau 10%. Kemudian peneliti melanjutkan perbaikan dengan melaksanakan siklus yang ke II, kemampuan bahasa anak yang mencapai (BSB) semakin meningkat yaitu sebanyak 7 anak atau 35%, sedangkan 11 anak atau 55% sudah mencapai indikator keberhasilan (BSH), 2 anak atau 10% mulai berkembang (MB) dan anak yang mencapai indikator (BB) tidak ada. Jika mengacu pada prosentase keberhasilan yang telah ditetapakan, hasil peningkatan kemampuan bahasa anak telah mencapai tingkat keberhasilan 90%, maka tindakan perbaikan pada siklus II telah berhasil.Upaya tindak lanjut yang disarankan oleh peneliti kepada orang tua agar bahasa anak mengalami peningkatan sebaiknya diberikan pendampingan dan home visit, lalu guru disekolah harus lebih memperhatikan dan melakukan pendekatan kepada mereka dari pada teman-teman yang sudah berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Sutomo. MSi 2. Anita Rosalina, M. Pd
Uncontrolled Keywords: bahasa, metode bermain bendera baca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 03 Aug 2017 01:08
Last Modified: 03 Aug 2017 01:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item