UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI NILAI-NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA DI KELAS VI SD NEGERI SLARANG 03 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2010/2011

D A T I, . (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI NILAI-NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA DI KELAS VI SD NEGERI SLARANG 03 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2010/2011. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DATI COVER.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATI BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATI BAB II.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
DATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
DATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
DATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
DATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
DATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila menggunakan metode role playing di SD Negeri Slarang 03 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah 17 siswa. Proses penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 2 siklus untuk 2 kali pertemuan dan 1 pertemuan dilaksanakan dalam 2 jam pelajaran 2 x 35 menit. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa pada akhir pelajaran, observasi untuk pengamatan terhadap perilaku siswa pada saat proses pembelajaran dan dokumentasi untuk mengetahui data guru dan keadaan umum di sekolah. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila dengan menggunakan metode role playing. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari setiap siklusnya, siklus pertama siswa yang tuntas belajar 10 siswa (58,82 %) dengan rata-rata kelas 66,18, siklus kedua siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 16 siswa (94,18 %) dan rata-rata kelas meningkat menjadi 80,29.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof.Dr.H.Tukiran T,M.M dan Drs. Sri Harmianto
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Role Playing, Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 02 Aug 2017 03:27
Last Modified: 02 Aug 2017 03:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3042

Actions (login required)

View Item View Item