PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MELALUI PENERAPAN MODEL KOLABORASI DAN SCAFFOLDING LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI KELAS V SD N 1 DUKUHWALUH

HIDAYAT, TAUFAN (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MELALUI PENERAPAN MODEL KOLABORASI DAN SCAFFOLDING LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI KELAS V SD N 1 DUKUHWALUH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TAUFAN H. COVER.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAUFAN H. BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAUFAN H. BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
TAIFAN H. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
TAIFAN H. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
TAUFAN H. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
TAUFAN H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memerankan tokoh dalam drama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model kolaborasi dan scaffolding learning dengan menggunakan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Objek dari penelitian ini adalah semua siswa Kelas 5B SD Negeri I Dukuhwaluh dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari7 siswa putra, dan 16 siswa putri. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan keterampilan siswa dalam bermain drama. Hasil penelitian menunjukan model kolaborasi dan scaffolding learning dengan menggunakan media video dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memerankan tokoh dalam drama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai perform siswa dalam memerankan tokoh dalam drama dari siklus I ke siklus II. Nilai perform siswa pada siklus I yaitu 71,30 dan naik pada siklus II yang mencapai 78,26.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, MA., dan Drs. Sri Harmianto
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi dan scaffolding learning, media video, keterampilan bermain drama.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 02 Aug 2017 02:36
Last Modified: 02 Aug 2017 02:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item