PENERAPAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-F SMP NEGERI 5 PURWOKERTO

HIDAYAH, LUTFI NUR (2012) PENERAPAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-F SMP NEGERI 5 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LUTFI NUR COVER.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUTFI NUR BAB I.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUTFI NUR BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
LUTFI NUR BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
LUTFI NUR BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
LUTFI NUR BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
LUTFI NUR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kecerdasan emosional dan prestasi belajar matematika siswa di kelas VII-F SMP Negeri 5 Purwokerto dengan penerapan Quantum teaching pada pembelajaran matematika. Setelah diterapkan Quantum teaching kecerdasan emosional dan prestasi belajar matematika siswa meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh observer dan pengisian angket oleh siswa, dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik penskoran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Adanya peningkatan kecerdasan emosional siswa dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata hasil observasi dan hasil angket kecerdasan emosional siswa dari siklus I hingga ke siklus III. Pada siklus III telah diperoleh rata-rata hasil observasi kecerdasan emosional sebesar 2,53 dengan kriteria siswa cerdas secara emosional dan rata-rata hasil angket kecerdasan emosional siswa pada siklus III sebesar 2,87 dengan kriteria siswa cerdas secara emosional. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa pada materi garis dan sudut. Hal Ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas sebelum penerapan Quantum teaching adalah 72,21 dengan ketuntasan belajar sebesar 54,54% setelah dilaksanakan penerapan Quantun teaching ketuntasan belajar siswa naik menjadi 74,194% dengan nilai rata-rata kelas 76,548. Dengan demikian penerapan Quantum teaching pada pembelajaran matematika berhasil meningkatkan kecerdasan emosional dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII-F SMP Negeri 5 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si., dan Drs. Ahmad M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Prestasi belajar, Quantum teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 02 Aug 2017 01:17
Last Modified: 02 Aug 2017 01:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item