PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 SOKARAJA

Kuswiniarti, Leni Tri (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LENI TRI KUSWINIARTI COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
LENI TRI KUSWINIARTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Peningkatan Kemampuan Bertanya Pada Pembelajaran IPA Biologi Menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual and Teaching Learning) Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Sokaraja dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2011/ 2012. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran IPA Biologi menggunakan model CTL. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sokaraja dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 20 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Tahapan kegiatan setiap siklus terdiri atas planning (perencanaan), acting (pelaksanaan tindakan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bertanya dan hasil belajar siswa. Presentase kemampuan bertanya dalam memahami obyek biologi pada siklus I, II, dan III secara urut 30,3%, 52,94% dan 70,59%. Kemampuan bertanya dalam mendeskripsikan obyek biologi sebesar 30,3%, 52,94% dan 73,53%. Kemampuan bertanya dalam menganalisis sebesar 27,27%, 44,12% dan 70,59%. Kemampuan bertanya dalam berdiskusi sebesar 33,33%, 55,88% dan 79,41%. Kemampuan bertanya dalam mengaitkan konsep sebesar 24,24%, 41,18% dan 70,59%. Kemampuan bertanya dalam menyimpulkan sebesar 33,33%, 50% dan 73,53%. Peningkatan kemampuan bertanya siswa berdampak baik pada hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata postes siklus I, II dan III secara urut 71,82, 86,88 dan 87,21 dan dengan ketuntasan kelas sebesar 48,5%, 78,13% dan 91,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kemampuan bertanya pada pembelajaran IPA Biologi di kelas VIII D SMP Negeri 1 Sokaraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd, M.Si. dan drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bertanya, Pembelajaran IPA Biologi, Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:09
Last Modified: 31 Jul 2017 04:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item