PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) PADA MATERI LINGKARAN

SURATI, . (2011) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) PADA MATERI LINGKARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SURATI_MATEMATIKA'11.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SURATI_MATEMATIKA'11.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SURATI_MATEMATIKA'11.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB III_SURATI_MATEMATIKA'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV_SURATI_MATEMATIKA'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_SURATI_MATEMATIKA'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SURATI_MATEMATIKA'11.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SURATI_MATEMATIKA'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: Menghasilkan modul materi lingkaran berbasis model pembelajaran CTL untuk siswa kelas VIII SMP/MTs, mengetahui kevalidan hasil pengembangan modul materi lingkaran berbasis model pembelajaran CTL untuk siswa kelas VIII SMP/MTs, dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap modul materi lingkaran berbasis model pembelajaran CTL untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Proses pengembangan modul menggunakan model 4-D yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan modul pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan (develop) saja. Pada pengembangan ini telah dihasilkan modul materi lingkaran berbasis model pembelajaran CTL untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Kevalidan modul mendapat kategori valid (3,7), respon guru terhadap modul mendapat kategori sangat membantu (4,4), dan respon siswa terhadap modul dapat dikatakan positif karena mayoritas siswa menyatakan senang, jelas, dan tertarik terhadap modul materi lingkaran berbasis model pembelajaran CTL serta setuju jika pembelajaran pada pokok bahasan lain digunakan modul. Sehingga modul pada materi lingkaran dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M. Si, dan Erni Widiyastuti, S.Si, M.Si.
Uncontrolled Keywords: MODUL, CTL (Contextual Teaching and Learning), dan Model pengembangan 4-D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 31 Jul 2017 03:19
Last Modified: 31 Jul 2017 03:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2998

Actions (login required)

View Item View Item