PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAKSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NOVIANI, YESY (2013) PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAKSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YESY NOVIANI_PGSD'13.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YESY NOVIANI_PGSD'13.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YESY NOVIANI_PGSD'13.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YESY NOVIANI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_YESY NOVIANI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_YESY NOVIANI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YESY NOVIANI_PGSD'13.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_YESY NOVIANI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas IV SD mempunyai cakupan materi yang cukup luas. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. Siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Strategi pembelajaran yang efektif diperlukan untuk mengatasi masalah pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode talking stick terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Siswa kelas IV adalah homogen, oleh karena itu teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data untuk aspek kognitif menggunakan soal evaluasi, untuk aspek afektif menggunakan angket, dan untuk aspek psikomotor menggunakan lembar unjuk kerja. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Dari uji hipotesis dapat disimpulkan yaitu: 1) metode talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif dengan thitung > ttabel (2,571 > 2,000), 2) metode talking stick tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek afektif dengan thitung > ttabel (1,33 < 2,000), 3) metode talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek psikomotor dengan thitung > ttabel (4,96 > 2,000)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd., dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penelitian eksperimen, metode talking stick, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 31 Jul 2017 02:00
Last Modified: 31 Jul 2017 02:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item