UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DI KELAS IV SD NEGERI 4 ARCAWINANGUN

UTAMI, SRI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DI KELAS IV SD NEGERI 4 ARCAWINANGUN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SRI UTAMI_PGSD'13.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SRI UTAMI_PGSD'13.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SRI UTAMI_PGSD'13.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SRI UTAMI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB IV_SRI UTAMI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_SRI UTAMI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SRI UTAMI_PGSD'13.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas, kedisiplinan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT (Team Game Tournament). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Objek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 4 Arcawinangun yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes/evaluasi serta lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa, analisis data secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Indikator dalam penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 7 dan persentase ketuntasan 85 %. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran model Cooperatif Learning tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes/evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nlai rata-rata sikus I pertemuan I yaitu 72,9 dengan ketuntasan klasikal 70,9 % dan rata-rata siklus I pertemuan II 75,4 dengan persentase ketuntasan 77,4 %. Jadi nilai rata-rata siklus I 74, 19 dengan persentase ketuntasan 74,19 %, sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh nilai rata-rata 79,67 dengan persentase ketuntasan 83,87 % dan rata-rata yang diperoleh pada siklus II pertemuan II 85,16 dengan persentase ketuntasan 87,09 %, jadi nilai rata-rata siklus II yaitu 82,41 dengan persentase ketuntasan 85,48 %. Hasil penilaian kedisiplinan siswa melalui skala sikap disiplin dapat diketahui skor rata-rata siklus I mencapai 41,12 dengan persentase ketuntasan 82,25 %, sedangkan pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh 42,54 dengan persentase ketuntasan 85,09 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM.M.Pd., dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Disiplin, Pembelajarn TGT, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:19
Last Modified: 31 Jul 2017 01:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2990

Actions (login required)

View Item View Item