PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY SISWA KELAS VII E SMP N 1 CILONGOK BANYUMAS

MUDHAKIR, SLAMET (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY SISWA KELAS VII E SMP N 1 CILONGOK BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SLAMET MUDHAKIR_MATEMATIKA'13.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SLAMET MUDHAKIR_MATEMATIKA'13.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SLAMET MUDHAKIR_MATEMATIKA'13.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SLAMET MUDHAKIR_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB IV_SLAMET MUDHAKIR_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
BAB V_SLAMET MUDHAKIR_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SLAMET MUDHAKIR_MATEMATIKA'13.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SLAMET MUDHAKIR_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran guided discovery (Penemuan Terbimbing). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Cilongok dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data mengenai kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan tes evaluasi siswa, sedangkan untuk memperoleh data aktivitas siswa dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan belajar siswa yang diamati pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh nilai rata – rata sebesar 67,777 dengan kriteria baik pada siklus II diperoleh nilai rata – rata sebesar 71,296 dengan kriteria baik dan pada siklus III diperoleh nilai rata – rata 74,259 dengan kriteria baik maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery (Penemuan Terbimbing) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Cilongok tahun 2012.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd., dan Dr. Akhmad Jazuli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Guided discovery (Penemuan Terbimbing)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:09
Last Modified: 31 Jul 2017 01:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2989

Actions (login required)

View Item View Item