PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENGHITUNG LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG DI KELAS V SDN 4 TELUK

MARYATI, SITI (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENGHITUNG LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG DI KELAS V SDN 4 TELUK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SITI MARYATI_PGSD'13.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SITI MARYATI_PGSD'13.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SITI MARYATI_PGSD'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_SITI MARYATI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB IV_SITI MARYATI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_SITI MARYATI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SITI MARYATI_PGSD'13.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SITI MARYATI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Teluk yang meliputi 3 aspek hasil belajar yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan kedisiplinan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian untuk menilai hasil belajar aspek kognitif, angket (afektif), dan unjuk kerja (psikomotor). Pokok bahasan yang digunakan adalah materi menghitung luas trapesium dan layang-layang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas selanjutnya dilakukan uji t. Adapun hasil yang diperoleh yaitu (1) hasil uji t pada aspek kognitif diperoleh thitung > ttabel atau 2,329 > 2,000, (2) hasil uji t dari aspek afektif diperoleh thitung < ttabel atau 1,490 < 2,021, (3) hasil uji t pada aspek psikomotor diperoleh thitung > ttabel atau 2,218 > 2,021, dari hasil uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif dan psikomotor, namun tidak berpengaruh terhadap hasil belajar aspek afektif siswa kelas V SD Negeri 4 Teluk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 31 Jul 2017 00:57
Last Modified: 31 Jul 2017 00:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2988

Actions (login required)

View Item View Item