PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION AND EXPLANATION) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BANYUMAS

APRIANI,, RIZQI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION AND EXPLANATION) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) terhadap peningkatan aktivitas ilmiah siswa kelas X IPA pada pembelajaran Biologi telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak kelompok cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Banyumas yang terbagi atas 7 kelas, yang selanjutnya akan ditentukan berdasarkan undian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data aktivitas ilmiah siswa dianalisis dengan uji korelasi yaitu menggunakan uji Pearson product moment , yang dilanjutkan dengan uji komparasi (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas ilmiah siswa yang meliputi kemampuan mengidentifikasi masalah, menunjukkan hipotesis (berhipotesis), menganalisis, membuat kesi mpulan dan mengkomunikasikan terlihat adanya korelasi yang signifikan pada semua kemampuan, dengan tingkat hubungan yang cukup. Kondisi tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata -rata nilai post - test kelas eksperimen mencapai 84,86 sedangkan kelas kontrol sebesar 81,18 . Berdasarka n hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE ( Prediction, Observation and Explanation ) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan aktivitas ilmiah siswa kelas X IPA pa da pembelajaran Biologi di SMA N egeri 1 Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Aktivitas ilmiah, Hasil belajar, Model pembelajaran POE(Prediction, Observation, Explanation).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 29 Jul 2017 01:51
Last Modified: 29 Jul 2017 01:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2975

Actions (login required)

View Item View Item