IDENTIFIKASI KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI FASE PEMECAHAN MASALAH POLYA

MARIANA,, RINA (2016) IDENTIFIKASI KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI FASE PEMECAHAN MASALAH POLYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (901kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bert ujuan untuk mengidentifikasi jenis - jenis kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari fase pemecahan masalah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian i ni adalah seluruh siswa kelas VIII - A . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari fase pemecahan masalah Polya adalah k esalahan memahami masalah , yaitu k esalahan menentukan apa yang diketahui , meliputi: tidak menuliskan (60%), tidak lengkap menul iskan (76%), dan salah menuliskan (88%); dan kesalahan menentukan apa yang ditanyak an , meliputi : tidak menuliskan (76%), tidak lengkap menuliskan (4%), dan salah menuliskan (44%) . K edua, k esalahan dalam merencanakan penyelesaian , meliputi : k e salahan menggunakan rumus ( 88% ) , k esalahan menentukan hubungan dari apa yang diket ahui dengan apa yang ditanyakan ( 56% ) , t idak lengkap menuliskan rencana penyelesaian ( 88% ) , dan t idak menuliskan rencana penyelesaian ( 60% ) . K etiga, k esalahan menyel esaikan masalah s esuai rencana , meliputi : kesala han dalam perhitungan ( 80% ) , kesalahan menuliskan satuan ( 96% ) , kesalahan menuliskan tanda atau simbol matematika ( 28% ) , dan kesalahan t idak menuliskan penyelesaian ( 56% ) . Keempat, k esalahan dalam memeriksa kembali hasil yang diperoleh , meliputi : salah memeriksa (8%), tidak memeriksa (96%), salah menuliskan kesimpulan (28%), dan tidak menuliskan kesimpulan (96%).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si, dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Kesalahan, Fase Pemecahan Masalah Polya
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 29 Jul 2017 01:33
Last Modified: 29 Jul 2017 01:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2973

Actions (login required)

View Item View Item