ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA KELAS VIII SMP AL-ISLAM CIPARI PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DAN PENERAPANNYA

KURNIAWAN,, FANDI (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA KELAS VIII SMP AL-ISLAM CIPARI PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DAN PENERAPANNYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk m endeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa laki - laki dan perempuan pada materi operasi bentuk aljabar dan penerapannya untuk siswa kelas VIII SMP Al - Islam Cipari yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, sedang, dan rendah . Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif K ualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data ( data reduction ), penyajian data ( data display ), dan penarikan kesimpulan ( conclusion drawing ). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling . Penelitian ini mengambil dua subjek untuk setiap masing - masing kelompok, yaitu: siswa laki - laki dan siswa perempuan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi , sedang , dan rendah . Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Uji validasi data yang digunakan adalah uji triangulasi tekn ik . Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan matematika siswa laki - laki tinggi dan sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis pada tingkat dua , (2) kemampuan matematika siswa perempuan tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis pa da tingkat tiga, ( 3 ) kemampuan matematika siswa perempuan sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis pada tingkat dua namun sebagaian perhitungan salah, (5) kemampuan matematika siswa laki - laki dan perempuan rendah memiliki kemampuan pemecahan m asalah matematis pada tingkat satu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si., dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis, jenis kelamin.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 29 Jul 2017 01:23
Last Modified: 29 Jul 2017 01:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2972

Actions (login required)

View Item View Item