PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)

SUNANDAR, SLAMET (2012) PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SLAMET SUNANDAR COVER.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SLAMET SUNANDAR BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SLAMET SUNANDAR BAB II.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
SLAMET SUNANDAR BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
SLAMET SUNANDAR BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] Text
SLAMET SUNANDAR BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
SLAMET SUNANDAR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
SLAMET SUNANDAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto pada pokok bahasan aljabar melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, pertemuan pertama dan kedua dengan alokasi waktu 2 x 40 menit untuk tindakan pembelajaran dan pertemuan ketiga dengan alokasi waktu 2 x 40 menit untuk evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk mengukur prestasi belajar siswa dalam menguasai materi pelajaran yang telah diberikan, pada setiap pertemuan ketiga setiap siklus diadakan evaluasi. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada pembelajaran matematika menunjukkan bahwa penggunaaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan peran aktif siswa pada setiap siklusnya. Pada pelaksanaan siklus I nilai rata – rata peran aktif siswa 1,43, pada siklus II nilai rata – rata peran aktif siswa 1,74, dan siklus III nilai rata – rata peran aktif siswa 2,45. Dan untuk menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa pada pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata - rata tes evaluasi 69,71 dengan ketuntasan belajar 32,4%, pada siklus II nilai rata - rata evaluasi siswa 80,74 dengan ketuntasan belajar 64,71% dan pada siklus III nilai rata - rata evaluasi siswa 84,65 dengan ketuntasan belajar 88,24% .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si, M.Si dan Drs. Joko Purwanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: peran aktif, prestasi, belajar, pembelajaran, NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:13
Last Modified: 27 Jul 2017 07:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item