PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SATUAN WAKTU PANJANG DAN BERAT MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS IV SD N 03 SIKASUR

RAHARJO, SIDIK (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SATUAN WAKTU PANJANG DAN BERAT MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS IV SD N 03 SIKASUR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SIDIK RAHARJO COVER.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIDIK RAHARJO BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIDIK RAHARJO BAB II.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
SIDIK RAHARJO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
SIDIK RAHARJO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
SIDIK RAHARJO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
SIDIK RAHARJO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
SIDIK RAHARJO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya kreativitas siswa menyebabkan menurunnya prestasi belajar Matematika. Oleh karena itu metode problem solving dianggap tepat untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 03 Sikasur pada bulan November sampai dengan awal Desember 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pengukuran (satuan waktu, panjang dan berat) siswa kelas IV SD Negeri 03 Sikasur. Jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan, yang masingmasing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I pada perolehan kreativitas siswa dengan rata-rata nilai 12,44 memperoleh persentase ketuntasan kreativitas 72,22% kriteria cukup baik dan prestasi belajar menunjukan rata-rata nilai 69,44 dengan persentase ketuntasan prestasi belajar 72,97%. Hasil penelitian siklus II perolehan kreativitas dengan rata-rata nilai 16,89 kriteria kreatif, memperoleh presentase 91,89% dan prestasi belajar menunjukan rata-rata nilai 75,13 dengan persentase ketuntasan belajar 86,48%, dan dinyatakan telah berhasil melebihi ketuntasan minimal sebesar 85% yang diinginkan. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika melalui metode problem solving dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Matematika pada materi pengukuran waktu, panjang dan berat di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Sikasur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Enuh Zainudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: kreativitas, prestasi belajar, Matematika, metode Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:09
Last Modified: 27 Jul 2017 07:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2961

Actions (login required)

View Item View Item