PERANAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Analisis Pada Produk Pembiayaan Musyarakah di KJKS BMT Mitra Mentari Mersi)

DHAHITA, DIYAH FEBRIKAWATI RATNA (2015) PERANAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Analisis Pada Produk Pembiayaan Musyarakah di KJKS BMT Mitra Mentari Mersi). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIYAH FRD COVER.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIYAH FRD BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIYAH FRD BAB II.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
DIYAH FRD BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
DIYAH FRD BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
DIYAH FRD BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
DIYAH FRD DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
DIYAH FRD LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dalam hal ini dilakukan analisis pada produk pembiayaan musyarakah di KJKS BMT Mitra Mentari Mersi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus, pengelola, dan nasabah KJKS BMT Mitra Mentari Mersi. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis yang dilakukan pada produk pembiayaan musyarakah mengenai peranan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) terhadap pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), KJKS BMT Mitra Mentari Mersi mempunyai peranan penting. Nasabah yang masih aktif pada produk pembiayaan musyarakah berjumlah 75 orang dengan berbagai macam jenis usaha yang digeluti. Mereka merasakan kebermanfaatan dengan adanya pembiayaan musyarakah. Perkembangan usaha dari nasabah yang menjadi sampel penelitian ini kebanyakan meningkat. Walaupun ada yang usahanya masih sama dengan sebelumnya. Namun kebanyakan usaha nasabah ada perkembangan setelah melakukan pembiayaan musyarakah di KJKS BMT Mitra Mentari Mersi. Walaupun ada juga satu dari sampel nasabah yang mengalami kerugian. Namun kerugian itu disebabkan oleh faktor intern yaitu kesehatan dan usahanya tersebut tidak ada yang meneruskan. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yaitu rendahnya kepercayaan masyarakat, angsuran yang macet dan kejujuran nasabah yang masih kurang. Sehingga pihak KJKS juga belum terlalu berani untuk membiayai usaha dengan dana yang besar. Karena hal-hal inilah KJKS belum mencanangkan program khusus seperti penyediaan dana yang khusus ditujukan untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ida Nurlaeli, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS), Pemberdayaan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pembiayaan Musyarakah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 03 Jan 2017 02:50
Last Modified: 03 Jan 2017 02:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item