PENINGKATAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 06 KROYA DENGAN PENERAPAN METODE THINK TALK WRITE PADA KOMPETENSI DASAR PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

NURWIBOWO, TRI (2012) PENINGKATAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 06 KROYA DENGAN PENERAPAN METODE THINK TALK WRITE PADA KOMPETENSI DASAR PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRI NURWIBOWO COVER.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI NURWIBOWO BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI NURWIBOWO BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
TRI NURWIBOWO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
TRI NURWIBOWO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
TRI NURWIBOWO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
TRI NURWIBOWO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas VIII A SMP Negeri 06 Kroya berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru Pendidikan Kewarganegaan, bahwa siswa kelas VIII A dalam mengikuti pelajaran memiliki kecenderungan diantaranya : 1) kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, 2) kurangya siswa dalam menghargai perbedaan pendapat, 3) kurangya siswa dalam kemampuan berbagi, 4) kurangya siswa mengemukakan pendapatnya secara kritis dan 5) kurangya sifat percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapatnya. Kemudian berdasarkan penjelasan tersebut diperoleh permasalahan-masalah yaitu bagaimana peningkatan sikap demokratis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan bukti-bukti pelaksanaan dalam sikap demokratis, kendala-kendala dan upaya-upaya apa yang harus dilakukan dalam sikap demokratis tersebut. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 06 Kroya dengan jumlah siswa 39. Prosedur dalam pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menghitung hasil pengamatan (observasi siswa dan guru) dan skala sikap menggunakan rumus analisis deskripsi persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sikap demokratis siswa dalam aktivitas siswa menunjukan peningkatan dari siklus I dan II. Bahwa dalam sikap demokratis siswa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan penerapan metode Think Talk Write (TTW) mengalami kendala-kendala berupa keterbatasan sarana-prasarana yang kurang memadai, keterbatasan waktu, kurangya motivasi siswa dalam proses pembelajaran didalam kelas dan setting kelas dalam pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung. Dapat disimpulkan bahwa metode Think Talk Write dapat meningkatkan sikap demokratis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M., dan Eko Priyanto, S.Pd
Uncontrolled Keywords: Sikap Demokratis, Think Talk Write.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:05
Last Modified: 27 Jul 2017 07:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item