PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS VSD NEGERI 1 CAMPAKOAH

MAULIDIN, NARA DAMAR (2013) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS VSD NEGERI 1 CAMPAKOAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUKHAMMAD IKA BAYU ADJI COVER.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUKHAMMAD IKA BAYU ADJI BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUKHAMMAD IKA BAYU ADJI BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
MUKHAMMAD IKA BAYU ADJI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
MUKHAMMAD IKA BAYU ADJI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
MUKHAMMAD IKA BAYU ADJI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
MUKHAMMAD IKA BAYU ADJI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
MUKHAMMAD IKA BAYU ADJI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 1 Campakoah di lakukan dari masalah rendahnya rasa ingin tahu dan rendahnya prestasi belajar siswa, serta siswa dalam pembelajaran masih pasif, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Subyek penelitian adalah siswakelas V SD Negeri 1 Campakoah yang berjumlah 31 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data mengenai rasa ingin tahu siswa digunakan lembar skala sikap sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi. Berdasarkan hasil penilaian skala sikap rasa ingin tahu siswa diperoleh rata-rata 3,04 pada siklus I dan meningkat menjadi 4,04 pada siklus II. Berdasarkan penilaian prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 66,51 dengan ketuntasan belajar 74,19% pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan diperolehnya nilai rata-rata 71,61 dengan ketuntasan belajar 87,09%. Dengan demikian disimpulkan bahwa model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDNegeri 1 Campakoah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Pamujo, M.M.,M.Pd dan Drs. H. Sri Harmianto. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Rasa InginTahu, PrestasiBelajar, IPS, Kooperatiftipe Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Jul 2017 06:15
Last Modified: 27 Jul 2017 06:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2951

Actions (login required)

View Item View Item