PERANAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SISWA (STUDI DESKRIPTIF ANALISIS DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO)

SUHARDIYANTO, HANDY (2012) PERANAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SISWA (STUDI DESKRIPTIF ANALISIS DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HANDY SUHARDIYANTO COVER.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB I.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB II.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
HANDY SUHARDIYANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
HANDY SUHARDIYANTO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Terkikisnya rasa nasionalisme sekarang ini melanda anak didik di sekolah. Contohnya hampir disetiap jenjang sekolah, ketika dilaksanakan upacara bendera para siswa merasa malas dan tidak melaksanakannya dengan khidmat dan tertib. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, karena remaja sebagai siswa dan generasi muda sangat diharapkan mampu menjadi pemimpin yang memiliki rasa kebangsaan yang tinggi. Untuk membentuk sikap nasionalisme ini, dapat dilakukan melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mengungkap kondisi faktual tentang peranan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa di SMK Negeri 1 Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa. Peneliti kemudian merinci menjadi tiga sub tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa. Penelitian ini menggunakan metode metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan umum, yaitu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai peran dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa. Hal ini dibuktikan dengan materi pembelajaran PKn yang mengarah pada pembentukan sikap nasionalisme siswa karena bersumberkan pada Pancasila, UUD 1945, TAP MPR, nilai luhur kejuangan serta budaya bangsa yang diarahkan pada terwujudnya sikap nasionalisme yang berdasarkan kehidupan berbangsa dan bernegara secara langsung. Selain itu juga dengan penggunaan sumber belajar, metode dan media pembelajaran yang bervariatif, serta sarana dan prasarana yang mendukung di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Ratna Kartikawati, S.H., M.Hum. dan Elly Hasan Sadeli, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaran, sikap nasionalisme
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 27 Jul 2017 05:59
Last Modified: 27 Jul 2017 05:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item