MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 3 LESMANA

LISNAWATI, . (2017) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 3 LESMANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 3 Lesmana ini dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 3 Lesmana yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 18 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, serta soal evaluasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus I dengan kriteria baik, menjadi kriteria sangat baik pada siklus II. Hasil prestasi belajar siswa siklus I dengan kriteria baik dan pada siklus II menjadi kriteria sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan menggunakan video pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 3 Lesmana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Dr. Sriyanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay Two Stray, Keaktifan, Prestasi Belajar siswa, Video Pembelajaran, IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 27 Jul 2017 02:06
Last Modified: 27 Jul 2017 02:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item View Item