PENINGKATAN KREATIVITAS DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI DENASRI KULON 02

SAPUTRA, FAJAR INDRA (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI DENASRI KULON 02. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FAJAR INDRA SAPUTRA COVERf.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAJAR INDRA SAPUTRA BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAJAR INDRA SAPUTRA BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text
FAJAR INDRA SAPUTRA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
FAJAR INDRA SAPUTRA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
FAJAR INDRA SAPUTRA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
FAJAR INDRA SAPUTRA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul peningkatan kreativitas dan sikap tanggung jawab siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial materi kegiatan ekonomi Indonesia melalui pembelajaran role playing di kelas V SD negeri denasri kulon 02. Di latar belakangi oleh rendahnya kreativitas dan tanggung jawab siswa, hal ini disebabkan oleh faktor guru dan siswa. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan sikap tanggung jawab siswa materi usaha ekonomi indonesia melalui metode pembelajaran role playing. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Denasri Kulon 02 yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar aktivitas guru dan aktivitas siswa, skala sikap kreativitas dan tanggung jawab, tes evaluasi. Untuk mengetahui peningkatan sikap siswa menggunakan lembar skala sikap kreativitas dan tanggung jawab. Data nilai akademik siswa diperoleh dari tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh peningkatan kreativitas pada siklus I mencapai jumlah secara klasikalnya 1186 dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan jumlah klasikalnya menjadi 1397, untuk skala sikap tanggung jawab diperoleh jumlah klasikalnya pada siklus I mencapai 1190 dan terjadi peningkatan pada siklus II jumlah secara klasikalnya menjadi 1386. Untuk nilai akademik siswa diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I 78,56% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 91,34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan kreativitas dan tanggung jawab siswa dan peningkatan pada nilai akademik siswa kelas V SD Negeri Denasri Kulon 02.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kreativitas, tanggung jawab, IPS, role playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:28
Last Modified: 25 Jul 2017 04:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2932

Actions (login required)

View Item View Item