PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SIWARAK

FITRIYANTO, EKO (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SIWARAK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EKO FITRIYANTO COVER.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EKO FITRIYANTO BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EKO FITRIYANTO BAB II.pdf

Download (941kB) | Preview
[img] Text
EKO FITRIYANTO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
EKO FITRIYANTO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
EKO FITRIYANTO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
EKO FITRIYANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar matematika baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika dan disiplin siswa. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu materi geometri tentang keliling dan luas segitiga dan jajargenjang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 3 Siwarak, jumlah populasi kelas IV adalah 61 siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dengan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penghitungan (1) pada aspek kognitif dari hasil uji t diperoleh thitung < ttabel atau 0,2208 < 2,000, (2) Pada hasil belajar aspek afektif dari hasil uji t diperoleh thitung < ttabel atau 1,63 < 2,000 (3) Pada aspek psikomotor dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau 4,9548 > 2, 000. Kesimpulan model pembelajaran group investigation tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif. Model pembelajaran group investigation tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek afektif. Model pembelajaran group investigation memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd dan Drs. Enuh Zainuddin. M. A.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; group investigation; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:23
Last Modified: 25 Jul 2017 04:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2931

Actions (login required)

View Item View Item