UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVB PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DAN JAJARGENJANG MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SD NEGERI 1 TAMBAKSOGRA

VINDRIATIN, AJENG AYU (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVB PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DAN JAJARGENJANG MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SD NEGERI 1 TAMBAKSOGRA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AJENG AYU VINDRIATIN COVER.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AJENG AYU VINDRIATIN BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AJENG AYU VINDRIATIN BAB II.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
AJENG AYU VINDRIATIN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
AJENG AYU VINDRIATIN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AJENG AYU VINDRIATIN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img]
Preview
Text
AJENG AYU VINDRIATIN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
AJENG AYU VINDRIATIN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

Rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa menjadi permasalahan utama di kelas IVB SD Negeri 1 Tambaksogra. Beberapa penyebab rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar antara lain pembelajaran masih bersifat konvensional, guru masih menggunakan metode ceramah, dan kurangnya peran aktif siswa saat pembelajaran. Penelitian dilakukan sebagai upaya pemecahan masalah yang ada menggunakan metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil evaluasi siswa pada siklus I ke siklus II. Hasil angket rasa ingin tahu siswa mengalami peningkatan pada siklus I 71,506% dengan kriteria cukup, menjadi 76% dengan kriteria baik. Hasil ketuntasan prestasi belajar siswapun mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 71,42% menjadi 85,71% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Rasa ingin tahu, prestasi belajar matematika, keliling dan luas segitiga dan jajargenjang, metode penemuan terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 25 Jul 2017 03:26
Last Modified: 25 Jul 2017 03:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item View Item