IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE UMMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ROHMAH, FATIHATUR (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE UMMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FATIHATUR ROHMAH COVER.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FATIHATUR ROHMAH BAB I.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FATIHATUR ROHMAH BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
FATIHATUR ROHMAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
FATIHATUR ROHMAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
FATIHATUR ROHMAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
FATIHATUR ROHMAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Quran di Madraasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIA1, IIA2 dan IIA4 yang melaksanakan program metode Ummi dan sumber data dalam penelitian ini adalah kepala bidang keagamaan, koordinator Al-Quran, guru Ummi dan siswa. Metode yang di gunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan berfikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Quran di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga dimulai dengan pengembangan sumber daya manusia dengan mengadakan program sertifikasi guru yang di laksanakan oleh lembaga ummi sebagai penguji yang di laksanakan selama tiga hari berturut-turut, setelah lulus maka akan mendapatkan sertifikat dan sudah berhak mengajarkan Ummi. Dalam pelaksanaan pembelajaran tehnik yang di gunakan adalah klasikal individual dan klasikal baca simak dengan alat peraga berupa buku Ummi. Sedangkan evaluasi yang di gunakan adalah evaluasi formatif dan tes kenaikan jilid. Dengan adanya ketiga komponen pembelajaran diharapkan dapat mencetak out put yang berkualitas dengan indikasi dapat membaca Al-Quran dengan Tartil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Makhful, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Metode Ummi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:34
Last Modified: 25 Jul 2017 02:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item View Item